Pentingnya Akta Kelahiran, Cegah Pernikahan Dini hingga Eksploitasi


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi dan Partisipasi Anak Kemen PPPA, Endah Sri Rejeki menekankan pentingnya kepemilikan akta kelahiran agar anak terhindar dari risiko bahaya. Layaknya pernikahan dini, tindak pidana perdagangan orang (TPPO), hingga eksploitasi.

 

“Salah satu factor yang dapat meminimalisasi risiko-risiko tersebut dan untuk memudahkan mereka mengakses pendidikan dengan baik adalah dimilikinya identitas yang jelas dalam bentuk akta kelahiran,” kata Endah dalam keternagan persnya, Rabu (9/6/2021).

 

Endah mengatakan, akta kelahiran penting untuk mencapai tujuan pembangunan nasional dan daerah. Yakni terwujudnya sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul, berkualitas, dan berdaya saing.

 

Sebab, kata dia, anak Indonesia harus berpendidikan baik dan terhindar dari risiko yang dapat dicegah melalui kepemilikan akta kelahiran.

 

Karena itu, lanjutnya, pemerintah harus berperan menjalin kerja sama, termasuk lintas sektor antara pusat dan daerah, dalam hal ini sesuai tugas masing-masing.

 

“Karena masih terdapat kurang lebih 6 persen anak yang belum memiliki akta kelahiran. Hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” ungkapnya.

 

Endah memastikan semua anak Indonesia akan mendapat haknya untuk memiliki akta kelahiran. Merupakan tugas pemerintah untuk berkoordinasi mencegah terjadinya permasalahan anak akibat tidak dimilikinya akta kelahiran.

 

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), presentase kepemilikan akta kelahiran anak pada Desember 2020 mencapai 93,78 persen.

 

“Artinya masih ada 6,22 persen atau sekitar 5 juta dari 84,4 juta anak Indonesia belum memiliki akta kelahiran,” kata dia.

 

Dalam mengidentifikasi kelompok anak yang belum memperoleh akta kelahiran perlu memperhatikan anak yang memerlukan perlindungan khusus (AMPK) atau anak kurang beruntung. Antara lain anak jalanan, anak di panti asuhan, dan anak dengan kondisi lain.

(Editor: Melina)

Posting Komentar

0 Komentar