Hari Anak Nasional, Puan Minta Pemerintah Gunakan Anggaran Covid-19 untuk Perlindungan Anak


KomnasAnak.com, JEPARA -
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani meminta pemerintah memberi perhatian khusus terhadap anak-anak yang terdampak pandemi. Hal itu disampaikan Puan dalam acara puncak peringatan Hari Anak Nasional pada Jumat (23/7/2021) ini.

 

“Anak-anak adalah salah satu kelompok yang paling rentan dalam pandemi ini. Mulai dari mereka yang terinfeksi langsung, ditinggal wafat orang tua, sampai mereka yang belajarnya terganggu karena pandemi,” kata Puan.

 

Dia mengungkapkan, pemerintah harus memberi perhatian melalui serapan anggaran penanganan Covid-19 yang dipergunakan untuk melindungi anak-anak Indonesia dari dampak Covid-19.

 

“Perlindungan itu bisa dalam bentuk bantuan alat belajar online, santunan atau beasiswa bagi anak-anak yang ditinggal wafat orang tua mereka. Terlebih jika orang tua mereka adalah salah satu tenaga kesehatan yang gugur karena berjuang di garda terdepan menghadapi pandemi ini,” jelas Puan.

 

Dirinya menegaskan, pandemi jangan sampai mengganggu pendidikan anak-anak Indonesia hingga harus putus sekolah setelah ditinggal orang tua.

 

“Kalau anak-anak Indonesia hari ini banyak yang putus sekolah dan depresi karena pandemi dan menjadi yatim piatu, bangsa ini yang akan menerima dampaknya dua puluh atau tiga puluh tahun ke depan,” kata dia.

 

Secara khusus, Puan mengaku sedih mendengar cerita Vino, anak berusia 10 tahun di Kutai Barat, Kalimantan Timur, yang kehilangan kedua orangtuanya karena Covid-19 dan kini tengah menjalani isolasi mandiri.

 

“Dalam kondisi seperti ini, negara harus hadir menjamin segala kebutuhan Vino dan anak-anak Indonesia lain yang mengalami nasib serupa,” ujar dia.

Posting Komentar

0 Komentar