Menkes Ajak Semua Komponen Bangsa Lindungi Anak dari Penyalahgunaan Napza


KomnasAnak.com, JEPARA -
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengajak semua pihak melindungi anak Indonesia dari penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (Napza) untuk menuju Indonesia maju.

 

“Mari lindungi anak kita dari penyalahgunaan Napza,” kata Budi dalam diskusi daring bertajuk “Lindungi Anak dari Penyalagunaan Napza” dalam rangka Hari Anak Nasional, Jumat (30/7/2021).

 

Budi mengatakan, semua komponen bangsa harus ikut serta dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hidup, tumbuh berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat. Serta menjamin anak bebas diskriminasi, kekerasan, dan mendapat perlindungan termasuk dari Napza.

 

Budi menyebut, pandemi telah memunculkan keprihatinan terhadap penyalahgunaan napza di kalangan anak-anak dan remaja. Pasalnya, penggunaan teknologi saat pandemi dapat mempengaruhi perkembangan anak terutama remaja dalam mencari jati diri.

 

Meskipun memiliki dampak positif, teknologi juga turut memunculkan dampak negatif, terutama mengenai proses interaksi di media sosial. Ini mengakibatkan anak dan remaja memiliki arena baru untuk berkomunikasi tanpa ada batasan jarak dan waktu.

 

“Mereka bisa meniru dan mengadopsi kebiasaan, karakter, tren, paham, atau ideologi lain dari keterbukaan informasi saat ini yang begitu luas. Bila para remaja tidak siap menerima perubahan dan perkembangan teknologi akan menimbulkan bahaya yang cukup besar termasuk penggunaan napza,” ucap Budi.

Posting Komentar

0 Komentar