Menteri PPPA Minta Orang Tua Sensitif Kebutuhan dan Perlindungan Anak


KomnasAnak.com, JEPARA -
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga meminta agar orang tua lebih sensitif dalam pemenuhan kebutuhan anak. Apalagi di masa pandemi ini, orang tua perlu memberikan pendampingan lebih memadai kepada anaknya.

 

“Oleh karena itu, baik ayah maupun ibu harus sensitif terhadap berbagai kebutuhan anak dan dapat meresponsnya dengan tetap memegang prinsip kepentingan terbaik anak,” kata Bintang dikutip dari siaran pers, Rabu (28/7/2021).

 

Bintang mengatakan, pandemi telah mendatangkan banyak tantangan pengasuhan dan perlindungan terhadap anak. Salah satunya adalah dampak negative yang didapat anak dari bermain internet seharian. Mulai dari kecanduan gawai, cyberbullying, akses informasi yang tidak sesuai usianya, hingga eksploitasi.

 

Bintang juga menyayangkan beban pengasuhan yang masih dibebankan pada ibu saja. Padahal, pengasuhan merupakan tugas setara antara ayah dan ibu.

 

“Artinya, kualitas pengasuhan yang ada di keluarga sangat penting, para orangtua mempunyai tanggung jawab dan kewajiban untuk mengasuh dan menumbuhkan karakter anak,” kata dia.

 

Selain itu, orangtua juga berperan penting untuk mencetak anak bangsa yang potensial untuk memperkuat ketahanan bangsa. Karena itu, orang tua dituntut sensitif terhadap kebutuhan dan perlindungan anak, bukan malah mengabaikannya.

 

Di sisi lain, Bintang mendorong seluruh pihak dari berbagai lapisan masyarakat untuk ikut menjalankan pola pengasuhan positif berbasis hak anak.

 

“Salah satu hak yang dijamin bagi anak adalah perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan eksploitasi dimanapun mereka berada,” kata Bintang.

 

Oleh karena itu, berbagai kekerasan yang terjadi saat ini dinilainya harus menjadi perhatian bersama.

Posting Komentar

0 Komentar