Perokok Anak di Indonesia Tinggi, Menteri PPPA Ungkap Kekhawatirannya


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Tingginya jumlah perokok anak di Indonesia membuat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) khawatir.

 

Menteri Bintang mengatakan bila hal ini dibiarkan, maka akan mengancam kualitas anak-anak Indonesia.

 

“Saya khawatir angka perokok anak cukup tinggi di Indonesia. Jika dibiarkan berlarut-larut kondisi itu akan mengancam kualitas anak-anak Indonesia,” kata Bintang dalam acara Jambore Pioner Muda bertajuk “Kita Keren Tanpa Rokok” Kementerian Kesehatan, Rabu (7/7/2021).

 

Dirinya menuturkan, anak merupakan penentu kemajuan bangsa Indonesia sehingga harus terlindungi dari ancaman bahaya seperti rokok.

 

Pasalnya, kata Bintang, kualitas sumber daya manusia (SDM) sangat menentukan kemajuan sebuah negara, baik masa kini maupun masa yang akan datang.

 

“Rokok dengan segala keburukannya mengancam hak anak untuk tumbuh dan berkembang dengan maksimal bahkan mengancam hak untuk hidup, ini berlaku baik untuk anak yang menjadi perokok maupun anak yang terpapar asap rokok,” kata dia.

 

Menurut Bintang, penanaman hal positif harus dilakukan sejak awal agar anak tidak terpapar hal buruk seperti rokok.

 

Dia mengatakan, kebiasaan merokok datang dari pergaulan sehari-hari, khususnya pada anak remaja. Sehingga perlu ditekankan kepada mereka bahwa rokok bukan solusi dari segala permasalahan dan teman sebaya tidak akan saling menjerumuskan.

 

“Jadi untuk anak-anak saya berpesan, saling mempengaruhilah dalam kebaikan, berjalan beriringan untuk melangkah ke depan tanpa ada satupun yang tertinggal,” kata Bintang.

 

Di samping itu, Bintang turut mendorong agar anak dan remaja memanfaatkan waktu dengan berbagai aktivitas positif.

 

Mulai dari berorganisasi, diskusi, olahraga, seni, dan aktivitas lain yang menunjang keterampilan untuk masa depan.

 

“Ajaklah teman-teman sebaya mencoba berbagai aktivitas positif tersebut. Jauhi rokok. Jadilah pelopor bukan pengikut. Yakinlah perubahan besar dimulai dari langkah-langkah kecil dari diri sendiri,” tutur Bintang.

Posting Komentar

0 Komentar