Tema Peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021 untuk Gugah Kepedulian Hak Anak


KomnasAnak.com, JEPARA -
Setiap 23 Juli kita memperingati Hari Anak Nasional. Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) diselenggarakan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984.

 

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mengungkapkan, HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian terhadap hak-hak anak.

 

Peringatan HAN tahun ini berbeda dari tahun lalu. Pandemi Covid-19 telah memaksa anak-anak untuk tinggal di rumah.

 

Hal ini justru membuat angka kekerasan terhadap anak melonjak tinggi. Banyak dari pelaku kekerasan adalah orang terdekat dari korban sendiri.

 

Untuk kembali mengingatkan tentang perlindungan anak, maka tema HAN tahun 2021 ini adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan Tagline #AnakPedulidiMasaPandemi.

 

Sub tema Hari Anak Nasional 2021 adalah:

1. Anak Cerdas Terliterasi

2. Anak Gembira dengan Asah, Asih, Asuh

3. Anak Sehat dan Gembira

4. Anak Cerdas, Kreatif, dan Informastif

5. Anak Resiliensi Tangguh dengan Kasih Sayang

 

Pandemi diharapkan tidak menyurutkan motivasi pelaksanaan HAN secara virtual, tanpa mengurangi makna HAN itu sendiri.

 

Penyelenggaraan Acara Puncak HAN Tahun 2021 akan dilaksanakan pada Jumat (23/7/2021), pukul 10.00 WIB – selesai, dengan tetap memperhatikan kebijakan pemerintah untuk selalu memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pada semua kegiatan, termasuk kegiatan yang akan dilakukan secara virtual melalui media online.

 

Penyelenggaraan puncak acara akan dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting dan ditayangkan melalui Youtube. ID dan Password Zoom Meeting Acara Puncak tingkat Nasional akan diberikan H-1 sebelum acara dimulai melalui Dinas PPPA Prov/Kab/Kota.

 

Bagi Dinas PPPA/instansi lain yang akan menyelenggarakan kegiatan nonton bersama penyelenggaraan puncak acara Hari Anak Nasional secara offline harus memperhatikan protokol kesehatan penyelenggaraan Hari Anak Nasional 2021.

Posting Komentar

0 Komentar