Hati-Hati! Bahaya Merokok Sekitar Bayi bisa Sebabkan Kanker

Sumber foto: Okezone

KomnasAnak.com, JEPARA -
Dalam acara selamatan bayi, sering sekali kita jumpai bapak-bapak yang merokok. Padahal sang bayi ada di sana dan akhirnya dikepung asap rokok.

 

Banyak masyarakat tidak sadar bahaya mematikan dari asap rokok bagi bayi dan anak-anak. Dalam beberapa kasus bahkan bayi meninggal akibat paparan rokok saat selamatan.

 

Dokter spesialis patologi anatomi Evlina Suzanna Sinuraya mengatakan, bayi yang terpapar rokok bisa berisiko alami leukemia di kemudian hari.

 

“Jadi gara-gara paparan asap rokok, tubuh si bayi mengalami kerusakan pada darahnya atau yang biasa disebut leukemia. Penyakit ini bukan hanya akibat kelainan gen saat di kandungan, tapi bisa karena paparan asap rokok. Si bayi sudah menjadi perokok pasif,” kata Evlina di webinar Hari Kanker Paru Sedunia 2021, Kamis (26/8/2021).

 

Menurutnya, bayi yang menjadi perokok pasif tidak berisiko terkena kanker paru. Tapi ada kanker lain yang mungkin bisa berkembang di tubuh bayi. “Perokok pasif itu lebih mungkin terkena kanker jenis adenokarsinoma,” kata dia.

 

Adenokarsinoma adalah jenis kanker yang tumbuh di kelenjar mukus dalam tubuh. Banyak organ yang memiliki kelenjar ini, itulah kenapa adenokarsinoma bisa muncul di organ tubuh manapun. Bisa saja kanker muncul di kulit, payudara, paru-paru, dan sistem pencernaan.

 

“Jumlah kasus antara kanker paru dengan adenokarsinoma pada perokok pasif sama banyaknya,” tambah Elvina.

Posting Komentar

0 Komentar