Jaga Anak dari Virus Corona, Jaga Nutrisinya!


KomnasAnak.com, JEPARA -
Varian virus Corona kian beragam dan semakin berbahaya. Setelah banyak kasus anak positif Covid-19 di Jawa Tengah varian delta. Kini anak dihantui dengan Covid-19 varian delta plus.

 

Dalam hal ini, dokter Muliaman Mansyur, Head of Medical Kalbe Nutricionals mengingatkan agar orangtua terus menerapkan protokol kesehatan dan langkah pencegahan lainnya agar terhindar dari Covid-19 dan tidak menulari anak.

 

“Orangtua perlu membatasi aktivitas di luar rumah termasuk untuk anak-anak mereka. Jika memang terpaksa, orangtua harus jalankan slalu protokol kesehatan saat pulang ke rumah,” kata dokter Muliaman dalam Webinar bertajuk Anak Sehat, Anak Sejahtera, Tujuan Kita Bersama: Penyebab Tingginya Angka COVID-19 pada Anak, Bagaimana Mengoptimalkan Daya Tahan Tubuhnya? Pada Rabu (4/8/2021).

 

Dokter Muliaman mengungkapkan bahwa orangtua harus lebih bijak meningkatkan daya tahan tubuh anak agar terlindungi dari virus corona. Orangtua juga harus memberi stimulasi yang sesuai usia anak sehingga tumbuh kembang anak terus berjalan optimal.

 

Dalam menghadapi pandemi, nutrisi dan gizi memiliki peran penting agar sel-sel dalam tubuh termasuk sel imun menjadi kuat.

 

“Perhatikan juga nutrisi makro dan mikro anak, serta jadwalkan makan yang teratur yaitu tiga kali makan besar dan jam snacking,” kata dokter Muliaman.

 

“Selain itu, orangtua juga perlu memberikan nutrisi tambahan yang mengandung sinergi probiotik dan prebiotic, serta vitamin C, D, dan E sebagai penunjang daya tahan tubuh anak. Semua nutrisi ini bisa mendukung daya tahan tubuh di kecil sehingga mampu menangkal virus,” lanjutnya.

 

Penelitian telah membuktikan bahwa sistem kekebalan tubuh sangat berhubungan dengan saluran pencernaan. Lantaran saluran pencernaan yang baik memungkinkan penyerapan nutrisi dalam tubuh bisa dilakukan dengan baik. Pada akhirnya akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

 

“Semua berpusat di saluran cerna anak-anak. jadi selain makanan hariannya yang dijaga gizinya, nutrisi tambahan juga perlu diberikan,” kata dokter Muliaman.

Posting Komentar

0 Komentar