Komnas PA Temukan 189 Keluarga Manusia Silver di Jakarta, Kota Depok, dan Tangerang Selatan


KomnasAnak.com, JEPARA -
Komnas Perlindungan Anak (PA) mengungkapkan eksploitasi anak sebagai manusia silver yang dilakukan oleh orangtua marak terjadi di Jakarta.

 

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan hingga kini pihaknya mencatat ada 189 keluarga manusia silver yang terdiri dari orangtua dan anak di Jakarta.

 

“Di DKI Jakarta ditemukan 189 keluarga manusia silver. Mereka hidup di jalanan, rumah kardus tinggal di kolong jembatan,” kata Arist dalam keterangan yang diterima, Selasa (28/9/2021).

 

Meskipun cat yang digunakan berdampak buruk bagi kesehatan, anak kerap dilibatkan menjadi manusia silver. Ini untuk memantik rasa belas kasihan sehingga warga maau memberikan uang.

 

Menurut Arist, pelibatan anak sebagai manusia silver merupakan masalah sosial yang tidak bisa diselesaikan pemerintah pusat dan daerah. Sehingga jumlahnya terus bertambah.

 

“Ini merupakan bentuk kekerasan terhadap anak, kejahatan kemanusiaan dan merendahkan martabat anak. Masalah baru ini harus dihentikan dan dicari jalan keluar atau solusinya,” ungkap dia.

 

Tidak hanya di Jakarta, Arist menuturkan pihaknya menemukan ratusan kasus keluarga manusia silver di Kota Depok dan Tangerang Selatan yang merupakan wilayah penyangga.

 

Dia mencontoh kasus bayi di Tangerang Selatan (Tangsel) yang dicat silver oleh tetangga dari orangtua bayi, kasus ini hanya sebagian kecil dari masalah yang ada dan kerap luput.

 

“Di Kota Depok dan Tangsel ditemukan 200 keluarga manusia silver melibatkan balita dan bayi. Ini telah menjadi fenomena yang memprihatinkan dan telah menjadi masalah sosial baru,” tuturnya.

Posting Komentar

0 Komentar