Tips Edukasi Anak agar Proaktif ala Ziyanna Letisha


KomnasAnak.com, JEPARA -
Mendidik anak selama pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orangtua. Pasalnya, anak sering cepat malas dan merajuk saat di rumah.

 

Selebritas Zivanna Letisha turut membagikan tips edukasi selama pandemi agar anak tetap proaktif. Pertama, karena anak banyak menggunakan waktu di rumah, beri mereka kebebasan berekspresi. Namun, orang tua tetap melakukan pengawasan.

 

Kedua, jalin komunikasi intens dengan anak. Jauhkan gawai ketika berbincang, sehingga orangtua mampu memahami ucapan anak sepenuhnya.

 

“Fokus dengarkan apa yang diutarakan oleh si anak,” kata mantan putri Indonesia yang akrab disapa Zizi ini pada acara Live Talkshow Prima Protect Plus pada Jumat (3/9) lalu.

 

Zizi menambahkan, bila anak mengalami masalah, orangtua harus mengajaknya mencari solusi bersama. Misalkan anak mengatakan bosan, lalu solusi menurut dia adalah ganti jenis permainan, maka biarkan dia menjalankannya.

 

“Tidak hanya menunggu dicarikan solusi oleh orangtuanya,” kata dia.

 

Dengan membiasakan anak kreatif mencari solusi untuk dirinya, orangtua telah mendidik anak menjadi proaktif.

 

Melalui cara-cara ini orangtua dapat mendukung tumbuh kembang anak dan kesehatan mentalnya. Lantaran di masa pandemi ini, banyak anak yang merasa stress dan akhirnya sering merajuk akibat tidak bisa bebas.

Posting Komentar

0 Komentar