Total 5 Daerah di NTB Belum Jadi Kabupaten/Kota Layak Anak

acara pemberian pemenuhan kebutuhan spesifik anak dan perempuan kepala rumah tangga yang ditinggalkan orangtuanya akibat Covid-19

KomnasAnak.com, Nasional -
Sampai saat ini masih ada lima kabupaten/kota di NTB yang belum menjadi kota layak anak (KLA). Termasuk empat kabupaten/kota yang belum membentuk UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak.



Pada acara pemberian pemenuhan kebutuhan spesifik anak dan perempuan kepala rumah tangga yang ditinggalkan orangtuanya akibat Covid-19, Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah meminta agar semua daerah di NTB menjadi KLA dan membentuk UPTD perlindungan perempuan dan anak.



Atas hal ini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga memberikan atensinya.



Menteri Bintang meminta agar pembentukan UPTD dan KLA dikawal di seluruh kabupaten/kota di NTB.



“Apalagi Bu Wagub tadi menegaskan di kabupaten/kota mana saja yang belum terbentuk. Itu artinya akan dikawal. 10 UPTD di NTB akan terwujud,” kata Bintang di ruang rapat utama Kantor Gubernur pada Rabu (3/11/2021).



Meskipun KLA dan UPTD perlindungan perempuan dan anak belum terbentuk di semua daerah, Menteri Bintang tetap mengapresiasi adanya shelter bagi perempuan dan anak korban kekerasan.



Wagub NTB sendiri mengatakan masih ada PR yang harus diselesaikan, seperti KLA untuk menjamin keamanan anak.



“PR tadi kita seriusi untuk sama-sama kita realisasikan. Bagaimana agar seluruh kabupaten/kota di NTB menjadi kabupaten/kota layak anak,” kata dia.



“Karena bagaimanapun juga, penegasan sebagai kota layak anak menjadi penting bagi daerah. Jika itu dideklarasikan, maka perhatian daerah (untuk perlindungan anak) akan jauh lebih besar,” ungkapnya.

Posting Komentar

0 Komentar